Selasa, 11 Januari 2011

KOMPUTER SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI (II)


b.  Prinsip Kerja Sebuah Komputer

Secara singkat cara kerja sebuah komputer sebagai berikut:
            Data dimasukan oleh pengguna komputer melalui keyboard (huruf dan angka) atau mouse dan scanner (data grafis/gambar) ke dalam CPU. Data-data tersebut disampaikan kepada software aplikasi untuk diolah di dalam processor dan ditampilkan di layar monitor. Apabila dinilai apa yang tampil di layar monitor sudah sesuai dengan keinginan pengguna komputer tadi, si pengguna akan memerintahkan komputer untuk menyimpan hasil kerjanya dalam media penyimpan (disket atau hardisk) ataupun memerintahkan komputer untuk mencetaknya melalui sebuah printer.
            Di dalam CPU, terjadi proses komunikasi data yaitu data yang disampaikan kepada program aplikasi segera diteruskan ke program sistem operasi. Oleh program sistem operasi, data ini diubah menjadi bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh peralatan elektronik yang terdapat di dalam komputer sehingga di layar monitor bisa tampil apa yang diinginkan oleh pengguna tadi ataupun komputer dapat berkomunikasi dengan alat cetak (printer) dan menyuruh printer untuk mencetak file yang diinginkan pengguna komputer.


Device atau perangkat komputer berdasarkan fungsinya dapat dinyatakan seperti pada tabel di bawah. 
Komputer
Input
proses
output
Keyboard
Listrik
Scanner
Binary (CPU)
Analog
Binary to decimal
Monitor
Bacaan
Printer




c.  Komputer dan Teknologi Komunikasi 

            Teknologi informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, TI mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).
Pada dasarnya peralatan teknologi komunikasi modern meliputi 3 perangkat utama: 
a.      Komputer
b.      Jaringan Sistem Komunikasi
c.       Net Tools

1)  Komputer
Text Box: 28             Penggunaan komputer pada masa  kini    telah     menjadi

bagian dalam hidup kita. Pekerjaan dapat menjadi semakin mudah dan tanpa disadari kita semakin bergantung pada mesin yang disebut komputer. Gabungan antara penggunaan komputer dengan teknologi telekomunikasi telah menghasil-kan apa yang kita kenal sebagai teknologi informasi. Teknologi informasi  telah berperan sebagai tempat untuk menyimpan informasi, mengolah informasi, mendistribusikan informasi  dalam berbagai bentuk dan cara. Bahan atau informasi  tersebut dapat disebarkan berupa teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video, atau gabungan secara interaktif yang dikenali sebagai multimedia

2)Jaringan dan Komunikasi

Jaringan komunikasi merupakan sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan mengga-bungkan beberapa titik komu-nikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya.




.


Berikut ini beberapa perangkat komunikasi yang menggunakan jaringan.

a). Telephone 






Telephone  merupakan alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.

 



b). ISDN 




Integrated Service Digital Network (ISDN) merupakan layanan jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya memproses suara, tetapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain-lain



c). Leased Line 
 
Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan private line.




d). Jaringan Komunikasi dengan Satelit  




Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya

e). Komunikasi Seluler 


Komunikasi seluler merupakan komunikasi yang menggunakan transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut lebih dikenal dengan nama Hand Phone.


d. CD Interaktif (CD-i)

Pengetian CD interaktif adalah CD pembelajaran yang mempunyai fungsi memberi informasi. Di dalamnya terdapat tombol-tombol yang bisa menuju ke fasilitas lainnya.
Cd interaktif ini sangat bermanfaat bagi pelajar karena sangat memudahkan siswa dalam proses belajar. Salah satu software yang digunakan dalam membuat cd interaktif adalah macromedia flash mx. Namun masih banyak software lain yang dapat digunakan, salah satunya adalah adobe primer.


e. Video Streaming 

Video striming merupakan teknologi komputer sebagai jaringan client-server dalam melakukan permintaan (request) untuk dikirimi data dalam hal ini materi yang bersifat multimedia (audio, video). Materi (content) dari operator atau penyedia jasa layanan memasang materinya kedalam aplikasi-aplikasi layanannya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna. Materi ini dapat berupa file audio video yang bersifat real time artinya kejadiannya berlangsung juga saat diakses seperti kondisi lalu lintas di jalan raya yang telah dipasang kamera dan dipancarkan ke kantor operator yang kemudian diakses oleh pengguna.  
Aplikasi ini merupakan teknologi terkini yang diusung oleh sebuah handphone. Dengan adanya layanan yang diberikan oleh operator seluler, informasi yang sifatnya real time dapat kita peroleh semisal berita dari televisi atau bahkan kondisi lalu lintas di tempat-tempat tertentu. Aplikasi ini merupakan gambaran teknologi seluler yang orang terkadang menyebutnya dengan teknologi 2,5G. Video streaming merupakan layanan multimedia yang dapat diakses oleh pengguna handphone dengan teknologi komunikasi data bergerak.

0 komentar:

Poskan Komentar