Selasa, 11 Januari 2011

Media Penghantar Komunikasi


Media penghantar komunikasi adalah seperangkat alat atau bahan yang menjadikan komunikasi berlangsung.



a. Megapon


Menggunakan megapon kita bisa menyampaikan informasi dengan cakupan lebih luas. Pesan atau informasi yang dikeluarkan tersebar melalui media udara. Kalian dapat menggunakan corong dari karton sebagai megapon sederhana, silahkan coba.


b. Telepon Kabel


Menggunakan telepon kabel atau telepon biasa kita bisa berkomunikasi pada jarak yang lebih jauh. Informasi yang dikomunkasikan merambat melalui kabel yang menghubungkan pesawat para pengguna telepon. Untuk hal yang sederhana, kalian dapat menggunakan telepon tali yang menghubungkan dua buah kaleng sebagai pesawat. Semakin kencang tali maka kekuatan suara yang terjadi semaki besar.




c. Gelombang Elektromagnetik


Pernahkah Anda masuk ke ruang depan pesawat terbang atau ruang pilot? Coba kalian berdiskusi dengan teman yang pernah mengenal ruang pilot. Pilot dilengkapi dengan sarana atau peralatan canggih untuk melakukan komunikasi dengan petugas di bandara dan pilot harus mengomunikasikan setiap tindakan yang akan dilakukanya. Demikian halnya dengan nahkoda kapal laut selalu berkomunikasi dengan petugas di pelabuhan. Bagaimana mereka dapat berkomunikasi, padahal ketika kita perhatikan, tanpa kabel? Media yang digunakan untuk komunikasi seperti itu adalah gelombang elektromagnetik. Persoalan gelombang elektromagnetik sendiri tentu sudah Anda pahami pada mata pelajaran fisika.



d. Fiber Optic


Fiber Optic merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya. Pembahasan fiber optic telah ada dapatkan pada materi media komunikasi.


e. Wireless


Wireless merupakan komunikasi nirkabel, jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat , dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.

3 komentar:

  1. Percobaan posting entri saya yang pertama , hehe

    BalasHapus
  2. Lanjutkan posting anda menjadi tampilan lebih menarik untuk melatih diri pembuatan blog/web dalam rangka pemanfaatan/penggunaan IT tepat guna

    BalasHapus
  3. @R. Hartanto
    iya pak, saya usahakan.
    trimakasih sudah follow :)

    BalasHapus